Friday, November 13, 2009

welcome

Kemaren gw ke Goethe Haus menteng sama temen-temen SMA gw..nonton Europe On Screen 2009 (EOS) udah hari terakhir..rencananya sih mau nonton yang jam 3 (film UK) sama jam 5 (film Prancis)..apadaya jakarta macet banget gara-gara ujan,so baru bisa nonton yang jam 5...and we watched this


Welcome bercerita tentang Bilal(17) seorang anak irak yang telah menempuh perjalanan lewat TimTeng dan eropa untuk ketemu sama pacarnya di inggris. Tapi,perjalanannya terhenti di tepi kanal yang menghubungkan Perancis dan Inggris gara-gara ketangkep sama polisi imigrasi. di Prancis, Bilal belajar renang sama Simon Calmat, seorang mantan atlet yang membuka kursus renang. Bilal berencana untuk berenang nyebrangin Kanal ke Inggris (WTH?). yah,segitu cintanya bilal sama pacarnya. setelah merasa jago, Bilal pun segera berenang menyusuri kanal..ketika 800 meter lagi menyentuh daratan Inggris, Bilal bertemu dengan Kapal patroli dan mencoba melarikan diri..apa daya..dinginnya air dan menahan napas terlalu lama membuat Bilal tewas. tewas ketika 800 meter lagi dia sudah bisa mencapai daratan. 800 meter lagi. ironis dan miris. i hate the ending so bad.

Simon Calmat : Bilal walked 4000 miles and now he wants to swim cross channel from here to Uk to be with his girlfriend..me? i even cant cross the road to get you back

aaawwwww...mister!dalem sekali kata-katanya!

anyways, film welcome ini menyabet penghargaan Publuc Award, COL-COA (Los Angeles) 2008 dan juga Prize of the Ecumenical Berlin FIlm Festival 2008.

myself not a fan of france movie..i dont know..i just cant enjoy it..(kecuali coco chanel--eh itu yang bikin hollywood juga yah?)

1 comment:

zarathezara said...

Dis, menurut gw film2 Perancis sering ber-ending "sangat tidak Amerika sekali". Film2 Perancis lebih pgn nunjukin "this is life", bahwa idup terkadang ga selalu seperti yg kita harapkan. Dan menurut ilmu persotoyan gw, mereka (French) kalo bikin film tujuan utamanya bukan "entertaining people like Hollywood do", tapi lebih ke "getting lots of appreciation and stick on people's memory". Kalo ngarep ending2 ceria nan fairytale, mending ntn film amrik gw rasa, lebih 'aman'. Huehehe..